Apa Aja Sih Resep Mengatasi Rambut Rontok Parah?

Apa Aja Sih Resep Mengatasi Rambut Rontok Parah?

Pembahasan kita sekarang ialah Apa Aja Sih Resep Mengatasi Rambut Rontok Parah?. Rata-rata manusia memiliki rambut lebih kurang sebanyak 100.000 helai. Rambut, seperti halnya kuku dan gigi, merupakan bagian tubuh yang tumbuh dengan sangat cepat. Tiap helainya tumbuh dalam waktu 2-6 tahun.

Apa Aja Sih Resep Mengatasi Rambut Rontok Parah?

Apa Aja Sih Resep Mengatasi Rambut Rontok Parah?

Akan tetapi, rambut pun sangat mudah rontok kalau terjadi gangguan pada tubuh dan lingkungannya, seperti pada waktu melahirkan. Waktu seorang wanita melahirkan, seluruh energi yang ada dalam tubuhnya dipusatkan pada proses kelahiran sehingga distribusi makanan ke rambut terhenti.

Terhentinya pasokan makanan akan mengakibatkan rambut terhenti pula pertumbuhannya dan kemudian rontok. Begitu juga yang terjadi pada orang yang sedang mengalami stres dan dalam terapi radiasi (misalnya pada para pengidap kanker).

Kerontokan rambut sebetulnya merupakan hal normal buat setiap manusia. Rambut yang lepas dari kulit kepala mencapai 50-100 helai setiap harinya. Rambut baru bakal tumbuh kembali karena akar rambut masih berada di dalam kulit kepala.

Apa Aja Sih Resep Mengatasi Rambut Rontok Parah?

Namun, jika berlebihan bakal mengakibatkan terjadinya kebotakan. Selain kehilangan sejumlah besar helai rambut, ada gejala lainnya, yaitu rambut terlihat makin menipis di beberapa tempat tertentu. Kulit kepala mudah terlihat, batas garis rambut yang kian mundur, dan rambut mudah putus.

Tanda-Tanda Rambut Rontok

Tanda-tanda rambut kita menemui masalah kerontokan bisa dideteksi sedini mungkin. Pertama, dimulai dari rambut yang gampang patah waktu disisir. Waktu bangun tidur, helaian rambut banyak yang menempel pada bantal. Di samping itu, terlihat dari banyaknya rambut yang terlepas usai mencuci rambut.

Ada cara lain yang lebih gampang buat mengetahui apakah kita mempunyai persoalan kerontokan rambut atau engga. Kumpulkan rambut yang rontok selama 3 hari sambil disortir. Jika 1/3 dari rambut rontok tersebut tercabut sampai akarnya, barulah dinamakan rambut rontok. Namun, kalau kagak tercabut hingga akar maka dinamakan rambut patah. Rambut dinamakan mengalami persoalan kerontokan parah bila jumlahnya lebih dari 100 helai tiap harinya.

Apa Aja Sih Resep Mengatasi Rambut Rontok Parah?

Ada beberapa cara untuk mengatasi persoalan rambut rontok di antaranya yakni :

1. Pemakaian Shampo dan Kondisioner

Pemakaian shampoo sekaligus kondisioner buat mengatasi permasalahan rambut rapuh bakal sangat bermanfaat dalam mencegah kerontokan rambut. Selain itu, keramaslah yang bisa Anda kerjakan biar rambut ga dalam kondisi kotor terlalu lama.

2. Pemakaian Sisir Bergerigi Jarang

Penggunaan sisir bergigi jarang usai keramas pun sangat menolong untuk mencegah rambut kusam dan bercabang. Jangan pakai hair dryer buat mengeringkan rambut. Harus diingat, hair dryer tak boleh dipakai pada rambut yang masih basah kuyup. Sebab akan menyebabkan rambut kusam dan bercabang. Keringkan dahulu rambut dengan handuk kering sampai lembap.

Apa Aja Sih Resep Mengatasi Rambut Rontok Parah?

3. Menghindari Penggunaan Kosmetik Rambut Berlebihan

Kerontokan rambut juga bisa diantisipasi dengan menghindari pemakaian kosmetik rambut secara berlebihan. SepertiMisalnya penggunaan hair spray, highlight, pengeritingan, dan pelurusan rambut. Kemudian, hindari rambut dari paparan sinar matahari langsung dalam kurun waktu yang lama. Pilih produk perawatan rambut yang mengandung ginseng buat menguatkan akar rambut.

4. Memanfaatkan Daun Lidah Buaya

Anda pun bisa memakai cara tradisional buat menguatkan rambut, yakni dengan memanfaatkan daun lidah buaya. Caranya, belah daun lidah buaya dan usapkan bagian yang berlendir pada kulit kepala sambil dipijat-pijat. Diamkan beberapa saat, lalu bilas dengan air sampai bersih. Buat mengetahui manfaat daun lidah buaya selain buat rambut bisa klik linknya.

5. Transplantasi rambut

Pada transplantasi rambut, folikel yang sehat dan masih hidup dipindahkan dari kulit kepala donor rambut. Lalu ditransplantasikan di area yang mengalami kebotakan. Folikel tersebut dicabut dari satu atau dua helai rambut bagian samping atau belakang kulit kepala sambil pelan-pelan merekonstruksi garis rambut. Donor rambut dari pendonor dengan rambut lebat memiliki prosentase keberhasilan yang lebih tinggi dibandingkan memakai rambut donor dari pendonor dengan rambut berdensitas sedang.

Apa Aja Sih Resep Mengatasi Rambut Rontok Parah?

Transplantasi folikel rambut kebanyakan permanen. Ga cuma rambut asli, rambut sintetik pun acapkali dipakai. Namun, cara ini punya kelemahan yakni cenderung berisiko terkena infeksi kulit kepala sehingga pemakaiannya sekarang dilarang. Apabila memilih cara ini untuk mengatasi kebotakan, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

6. ETG (Electro Tricho Genesis)

ETG yakni terapi dengan pancaran energi listrik elektrostatis dalam frekuensi lemah untuk menghindari kerontokan. ETG dikembangkan di Kanada sejak tahun 1980-an dan udah diujicobakan di Fakultas Kedokteran University of British Columbia.

Perawatan rambut memakai ETG bisa ditemukan di salon atau dokter yang menyediakan terapi ini. Kebanyakan terapi menggunakan ETG dikerjakan setiap seminggu sekali atau sesuai kebutuhan pasien. Cara ini terbukti sanggup mengatasi kerontokan rambut dengan cepat, tapi dengan biaya yang cukup besar.

Apa Aja Sih Resep Mengatasi Rambut Rontok Parah?

7. Terapi ozon

Terapi ozon ini yaitu perawatan rambut yang berasal dari Perancis untuk mengatasi masalah kerontokan rambut. Pertama, rambut dibersihkan dengan pemberian minyak essensial pada kepala sambil dipijat perlahan. Kemudian dilanjutkan dengan pemberian ozon (sejenis steam / uap) selama 20 menit untuk memudahkan folikel rambut menerima nutrisi berikutnya. Sesudah itu, diberi serum dan masker rambut untuk mencegah rambut kering. Terakhir, rambut dikeramas dan dikeringkan secara alami.

8. Rambut palsu (wig)

Rambut palsu atau wig ialah penutup kepala yang terdiri dari helaian rambut dengan tujuan menutupi kebotakan atau tujuan lainnya. Misalnya buat mengubah penampilan dalam waktu singkat tanpa memotong atau mengubah gaya rambut.

Memperoleh wig amatlah gampang sebab dijual di mana-mana dengan bentuk dan harga yang bervariasi. Di samping wig dari rambut asli, wig yang memakai rambut sintetis juga banyak dijual di pasaran dengan harga relatif lebih terjangkau. Pilih model wig yang sesuai dengan bentuk wajah Anda.

Apa Aja Sih Resep Mengatasi Rambut Rontok Parah?

Menggunakan wig emang cara paling gampang dan singkat buat mengatasi persoalan rambut. Tapi, tetap ada syarat yang mesti dipenuhi, yaitu menjaga kesehatan kulit kepala setiap hari. Syarat ini mutlak dipenuhi biar kulit kepala tak terkena penyakit seperti ketombe, gatal, infeksi, dst.

Tips merawat rambut palsu

  • Cuci rambut palsu setelah dipakai. Gunakan air dingin dan berikan sedikit shampoo. Celupkan rambut palsu ke dalam air shampo, namun jangan dikucek-kucek. Angkat, bilas, dan keringkan secara alami. Jangan memeras rambut palsu yang masih basah.
  • Jangan jemur rambut palsu di bawah matahari atau menggunakan hair dryer.

9. Mengonsumsi Obat Herbal

Selain cara di atas, kami mempunyai solusi untuk rambut rontok yaitu dengan mengonsumsi produk Synergy. Pemesanan produk buat mengatasi rambut rontok dapat langsung hubungi kami atau klik link di atas.

Demikian informasi terkait dengan Apa Aja Sih Resep Mengatasi Rambut Rontok Parah?, kami harap artikel kali ini membantu kalian. Tolong artikel ini diviralkan agar semakin banyak yang memperoleh manfaat.

Referensi: Panduan Merawat Rambut, Penebar Plus

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *