Paham Strategi Mengatasi Rambut Rontok Berlebihan? Kenapa Tidak!

Paham Strategi Mengatasi Rambut Rontok Berlebihan? Kenapa Tidak!

Kali ini kami akan ulas mengenai Paham Strategi Mengatasi Rambut Rontok Berlebihan? Kenapa Tidak!. Rata-rata manusia memiliki rambut lebih kurang sebanyak 100.000 helai. Rambut, seperti halnya kuku dan gigi, merupakan bagian tubuh yang tumbuh dengan sangat cepat. Tiap helainya tumbuh dalam waktu 2-6 tahun.

Paham Strategi Mengatasi Rambut Rontok Berlebihan? Kenapa Tidak!

Paham Strategi Mengatasi Rambut Rontok Berlebihan? Kenapa Tidak!

Tetapi, rambut pun amat mudah rontok jika terjadi gangguan pada tubuh dan lingkungannya, seperti pada waktu melahirkan. Ketika seorang wanita melahirkan, seluruh energi yang terdapat dalam tubuhnya dipusatkan pada proses kelahiran sehingga distribusi makanan ke rambut terhenti.

Terhentinya pasokan makanan bakal menyebabkan rambut terhenti pula pertumbuhannya dan lalu rontok. Begitu pula yang terjadi pada orang yang sedang mengalami stres dan dalam terapi radiasi (contohnya pada para pengidap kanker).

Kerontokan rambut sesungguhnya ialah hal normal bagi tiap manusia. Rambut yang lepas dari kulit kepala mencapai 50-100 helai setiap harinya. Rambut baru bakal tumbuh kembali karena akar rambut masih ada di dalam kulit kepala.

Paham Strategi Mengatasi Rambut Rontok Berlebihan? Kenapa Tidak!

Tapi, kalau berlebihan akan memicu timbulnya kebotakan. Selain kehilangan sejumlah besar helai rambut, ada gejala lainnya, yaitu rambut terlihat kian menipis di beberapa tempat tertentu. Kulit kepala mudah terlihat, batas garis rambut yang kian mundur, dan rambut mudah putus.

Tanda-Tanda Rambut Rontok

Tanda-tanda rambut kita menemui persoalan kerontokan dapat dideteksi sedini mungkin. Pertama, dimulai dari rambut yang mudah patah saat disisir. Saat bangun tidur, helaian rambut banyak yang menempel pada bantal. Selain itu, terlihat dari banyaknya rambut yang terlepas usai mencuci rambut.

Ada cara lain yang lebih gampang untuk mengetahui apakah kita punya persoalan kerontokan rambut atau engga. Kumpulkan rambut yang rontok selama tiga hari sambil disortir. Jika 1/3 dari rambut rontok tersebut tercabut sampai akarnya, barulah dinamakan rambut rontok. Tapi, jika enggak tercabut sampai akar maka disebut rambut patah. Rambut dinamakan mengalami persoalan kerontokan parah jika jumlahnya lebih dari 100 helai setiap harinya.

Paham Strategi Mengatasi Rambut Rontok Berlebihan? Kenapa Tidak!

Ada beberapa cara buat mengatasi permasalahan rambut rontok antara lain yaitu :

1. Pemakaian Sampo dan Kondisioner

Penggunaan shampoo sekaligus kondisioner untuk mengatasi persoalan rambut rapuh bakal sangat bermanfaat dalam menghindari kerontokan rambut. Di samping itu, keramaslah yang bisa Anda kerjakan supaya rambut tak dalam kondisi kotor terlalu lama.

2. Penggunaan Sisir Bergerigi Jarang

Penggunaan sisir bergigi jarang usai keramas pun amat menolong buat menghindari rambut kusam dan bercabang. Jangan pakai hair dryer buat mengeringkan rambut. Mesti diingat, hair dryer enggak boleh diaplikasikan pada rambut yang masih basah kuyup. Karena bakal menjadikan rambut kusam dan bercabang. Keringkan dahulu rambut dengan handuk kering sampai lembap.

Paham Strategi Mengatasi Rambut Rontok Berlebihan? Kenapa Tidak!

3. Menghindari Pemakaian Kosmetik Rambut Berlebihan

Kerontokan rambut pun dapat diantisipasi dengan menghindari pemakaian kosmetik rambut secara berlebihan. SepertiMisalnya pemakaian hair spray, highlight, pengeritingan, dan pelurusan rambut. Lalu, hindari rambut dari paparan sinar matahari langsung dalam kurun waktu yang lama. Pilih produk perawatan rambut yang mengandung ginseng untuk menguatkan akar rambut.

4. Memanfaatkan Daun Lidah Buaya

Anda pun dapat memakai cara tradisional untuk menguatkan rambut, yakni dengan memanfaatkan daun lidah buaya. Caranya, belah daun lidah buaya dan usapkan bagian yang berlendir pada kulit kepala sambil dipijat-pijat. Diamkan beberapa saat, kemudian bilas dengan air hingga bersih. Untuk tahu manfaat daun lidah buaya selain buat rambut bisa klik linknya.

5. Transplantasi rambut

Pada transplantasi rambut, folikel yang sehat dan masih hidup dipindahkan dari kulit kepala donor rambut. Lalu ditransplantasikan di area yang mengalami kebotakan. Folikel tersebut dicabut dari 1 atau 2 helai rambut bagian samping atau belakang kulit kepala sambil pelan-pelan merekonstruksi garis rambut. Donor rambut dari pendonor dengan rambut lebat punya persentase kesuksesan yang lebih tinggi dibandingkan memakai rambut donor dari pendonor dengan rambut berdensitas sedang.

Paham Strategi Mengatasi Rambut Rontok Berlebihan? Kenapa Tidak!

Transplantasi folikel rambut rata-rata permanen. Tidak hanya rambut asli, rambut sintetik pun kerapkali dipakai. Tapi, cara ini mempunyai kelemahan yaitu cenderung beresiko terkena infeksi kulit kepala sehingga penggunaannya sekarang dilarang. Jika memilih cara ini buat mengatasi kebotakan, konsultasikan terlebih dulu dengan dokter.

6. ETG (Electro Tricho Genesis)

ETG merupakan terapi dengan pancaran energi listrik elektrostatis dalam frekuensi lemah untuk mencegah kerontokan. ETG dikembangkan di Kanada sejak tahun 1980-an dan telah diujicobakan di Fakultas Kedokteran University of British Columbia.

Perawatan rambut memakai ETG bisa ditemukan di salon atau dokter yang menyediakan terapi ini. Kebanyakan terapi menggunakan ETG dijalankan setiap seminggu sekali atau sesuai keperluan pasien. Cara ini terbukti sanggup mengatasi kerontokan rambut dengan cepat, akan tetapi dengan biaya yang cukup besar.

Paham Strategi Mengatasi Rambut Rontok Berlebihan? Kenapa Tidak!

7. Terapi ozon

Terapi ozon ini yakni perawatan rambut yang berasal dari Perancis untuk mengatasi problem kerontokan rambut. Pertama, rambut dibersihkan dengan pemberian minyak essensial pada kepala sambil dipijat perlahan. Lalu dilanjutkan dengan pemberian ozon (sejenis steam / uap) selama 20 menit untuk memudahkan folikel rambut menerima nutrisi berikutnya. Setelah itu, diberi serum dan masker rambut untuk mencegah rambut kering. Terakhir, rambut dikeramas dan dikeringkan secara alami.

8. Rambut palsu (wig)

Rambut palsu atau wig merupakan penutup kepala yang terdiri dari helaian rambut dengan tujuan menutupi kebotakan atau tujuan lainnya. Misalnya untuk mengubah penampilan dalam waktu singkat tanpa memotong atau mengubah gaya rambut.

Mendapatkan wig sangatlah mudah sebab dijual di mana-mana dengan bentuk dan harga yang bervariasi. Di samping wig dari rambut asli, wig yang memakai rambut sintetis juga banyak dijual di pasaran dengan harga relatif lebih terjangkau. Pilih model wig yang sesuai dengan bentuk wajah Anda.

Paham Strategi Mengatasi Rambut Rontok Berlebihan? Kenapa Tidak!

Menggunakan wig emang cara paling gampang dan singkat untuk mengatasi persoalan rambut. Tetapi, tetap ada syarat yang mesti dipenuhi, yaitu menjaga kesehatan kulit kepala setiap hari. Syarat ini mutlak dipenuhi agar kulit kepala tak terkena penyakit seperti ketombe, gatal, infeksi, dls.

Tips merawat rambut palsu

  • Cuci rambut palsu setelah digunakan. Gunakan air dingin dan berikan sedikit shampo. Celupkan rambut palsu ke dalam air sampo, akan tetapi jangan dikucek-kucek. Angkat, bilas, dan keringkan secara alami. Jangan memeras rambut palsu yang masih basah.
  • Jangan jemur rambut palsu di bawah matahari atau menggunakan hair dryer.

9. Mengonsumsi Obat Herbal

Selain cara di atas, kami punya solusi untuk rambut rontok yaitu dengan mengonsumsi produk Synergy. Pemesanan produk buat mengatasi rambut rontok dapat langsung hubungi kami atau klik link di atas.

Sekian informasi terkait dengan Paham Strategi Mengatasi Rambut Rontok Berlebihan? Kenapa Tidak!, semoga artikel kali ini membantu kalian. Tolong artikel ini diviralkan supaya semakin banyak yang mendapat manfaat.

Referensi: Panduan Merawat Rambut, Penebar Plus

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *